Saturday, October 6, 2018

special for my students grade x : (3th meeting)


Pertemuan 3:
In this meeting, kita akan belajar tentang RECOUNT text.
kalian pernah jalan jalan, ke kebun binatang atau ke pantai misalnya. Atau mengalami suatu kejadian yang menyenangkan atau menyedihkan, pernah? Cerita mengenai sebuah pengalaman ke suatu tempat, atau mengalami kejadian yang menyedihkan atau menyenangkan itu namanya Recount Text. Jadi recount itu adalah sebuah cerita tentang pengalaman yang dialami seseorang dimasa lampau. Do you understand?
Catat ya  materi dibawah ini :
Definition of Recount Text
Recount text is a text that telling the reader about one story, action or activity. Its goal is to entertaining or informing the reader. (sebuah teks yang menceritakan sebuah cerita, aksi ataupun aktifitas. Tujuan recount text adalah untuk menghibur atau memberi informasi kepada pembaca)
Or (atau)
Recount is a text which retells event or experiences in the past. (sebuah teks yang menceritakan kembali kejadian atau pengalaman di masa lampau)
Generic Structure of Recount Text
# Orientation : It gives the readers the background information needed to understand the text, such as who was involved, where it happened, and when it happened.
# Events : A series of events, ordered in a chronological sequence.
# Re-orientation :A personal comment about the event or what happened in the end.
The Characteristics / Language Feature of Recount Text:
– Using the simple past tense, past continuous tense, past perfect tense, and past perfect continuous tense.
– Using temporal sequence, e.g. On Saturday. On Monday, On Sunday
– Focus on specific participant, e.g. I ( saya sebagai penulis)
– Using the conjunctions, such as: then, before, after, etc.
– Using action verd, e.g. went, stayed
Example :
A Beautiful Day at Jogja
ditulis oleh Arsianti Dewi

Last week, my friends and I went to Jogja. We visited many places. First, we visited Parangtritis beach. The sun shone brightly and the scenery was very beautiful there. We felt the wind blew across to us. We also saw a lot of people in that beach. There werw many birds flew in the sky. Also, there were many sellers who sold many kinds of souvenirs. Second, we visited Gembira Loka Zoo. We saw many kinds of animals there such as monkeys, tigers, crocodiles, snakes, etc. We looked around in that Zoo, and also took pictures of those animals. Then, we felt hungry, so we went to a restaurant. As soon as we finished our lunc, we decided to go home.
For me, that was a beautiful day though I could not visit Malioboro. we really enjoyed it, and I hope I could visit Jogja again.

Terjemah : tidak perlu dicatat

Hari yang Indah di Jogja
ditulis oleh Arsianti Dewi
Minggu lalu, teman-teman dan saya pergi ke Jogja. Kami mengunjungi banyak tempat.
kembalikan teks hari libur
Pertama, kami mengunjungi pantai Parangtritis. Matahari bersinar terang dan pemandangannya sangat indah disana. Kami merasakan angin bertiup ke arah kami. Kami juga melihat banyak orang di pantai itu. Ada banyak burung terbang di langit. Selain itu, ada banyak penjual yang menjual berbagai macam cinderamata. Kedua, kami mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka. Kami melihat banyak jenis binatang di sana seperti monyet, harimau, buaya, ular, dan lain-lain. Kami melihat-lihat di Kebun Binatang itu, dan juga memotret binatang-binatang itu. Lalu, kami merasa lapar, jadi kami pergi ke restoran. Begitu kami selesai makan siang, kami memutuskan untuk pulang.
Bagi saya, itu adalah hari yang indah meski saya tidak bisa mengunjungi Malioboro. Kami sangat menikmatinya, dan semoga bisa mengunjungi Jogja lagi.

No comments:

Post a Comment

Grade xi meeting 10

Pertemuan ke 10 kerjakan latihan soal dibawah ini, difotokopi masing-masing dan kumpulkan di meja ibu yaa... Soal 1.       Fania : ...