Friday, October 5, 2018

Tugas M1 KB1.2 PPG BAHASA INGGRIS



Adanya perubahan model pembelajaran pada lembaga pendidikan tentunya memberikan pengaruh yang besar terhadap guru maupun siswa. Sehingga terdapat konsekuensi terhadap karakteristik guru abad 21. Abad 21 adalah abad yang sangat berbeda dengan abad-abad sebelumnya. Terdapat perkembangan yang sangat luar biasa di abad ini, khususnya perkembangan information and communiation technology (ICT).  Abad 21 menuntut peran guru yang semakin tinggi dan optimal. Jika sekarang terjadi perubahan modal pembelajaran berbasis digital maka guru juga harus segera mentransformasikan diri mampu memanfaatkan teknologi digital dalam mendesain pembelajaran yang kreatif.
Pertama, karakteristik guru dimana peran guru bukan hanya sebagai fasilitator tapi juga sebagai motivator dan inspirator konsekuensinya guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber referensi siswa, tapi menjadi salah satu sumber referensi siswa dalam proses pembelajaran, maka konsekuensinya guru dituntut memiliki pengetahuan yang lebih luas lagi dari pengetahuan siswa karena kesempatan siswa untuk mendapatkan pengetahuan pun lebih luas lagi melalui media digital yang tersedia. Selain itu guru juga harus dapat membangun kemitraan yang baik dengan siswa sehingga tidak ada lagi paradigma teacher-centered melainkan student-centered.
Konsekuensi terhadap karakter siswa adalah siswa harus memiliki keterampilan belajar dan inovasi: yaitu berpikir kritis dalam pemecahan masalah, bagus dalam komunikasi dan kreativitas kolaboratif dan inovatif. Siswa dituntut untuk lebih kritis, kreatif, inovatif dan mandiri dalam proses pembelajaran. Lebih kritis artinya, siswa harus berani menyampaikan permasalahan yang dihadapi khususnya terkait kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Tidak ada lagi siswa yang malu-malu untuk bertanya baik ke guru maupun temannya jika ada materi yang belum dipahami. Siswa juga dituntut untuk kreatif dalam mencari dan menemukan materi atau dalam pemecahan masalah. Kreatif disini artinya, siswa mampu memanfaatkan semua fasilitas yang ada dalam mengolah materi sehingga menjadi siswa yang inovatif. Mandiri juga menjadi salah satu karakteristik yang sangat penting dalam proses kbm,karena sistem belajar yang menjadikan siswa sebagai pusat tumpuan atau akrab disebut student-centered bukan lagi teacher-centered.
Kedua, guru harus melek teknologi dan memiliki minat baca yang tinggi. Konsekuensinya di era pedagogi siber atau era digital ini guru harus melakukan usaha yang lebih keras lagi dalam hal mendapatkan pengetahuan termasuk di dalamnya menguasai teknologi. Kemampuan literasi guru harus ditingkatkan lagi hal ini dikarenakan semakin mudahnya akses untuk mendapatkan pengetahuan oleh siswa. Siswa dapat dengan mudahnya mendapatkan pengetahuan melalui media digital yang tersedia tidak lagi hanya melalui buku. Sedangkan guru tetap harus memiliki wibawa dihadapan siswanya berupa kecakapan dimana guru harus memiliki pengetahuan yang lebih tinggi dari pengetahuan siswanya. Jika guru tidak memiliki pengetahuan yang lebih maka dikhawatirkan guru tidak akan memiliki wibawa dihadapan muridnya.
Konsekuensinya terhadap karakteristik siswa adalah siswa harus memiliki keahlian literasi digital. siswa harus dapat memanfaatkan teknologi/media baru dalam mencari informasi yang dibutuhkan secara digital. Siswa juga harus meningkatkan minat baca mereka supaya tidak tertinggal pengetahuan dibanding teman-teman yang lainnya.
Ketiga, Guru juga harus memiliki kemampuan menulis dan melakukan transformasi budaya. Hal ini dikarenakan guru harus memiliki gagasan dan gagasan itu harus dituangkan dalam bentuk tulisan, misalnya karya ilmiah. Dengan memiliki karya tentunya guru juga akan semakin disegani oleh para iswa. Hal ini juga dapat membuat guru memiliki pemikiran yang kritis. Guru harus mampu melakukan transformasi budaya. Hal yang dimaksud adalah guru mampu melakukan penyesuaian terhadap kehadiran yang baru. Jika dahulu, proses belajar hanya dilakukan di lingkungan sekolah maka di era digital ini, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya di luar lingkungan sekolah.
            Konsekuensinya bagi karakter siswa adalah siswa harus lebih kreatif dan berani dalam membangun komunikasi dengan orang lain. Dalam hal ini siswa dapat bertanya pada orang yang ahli tentang materi yang sedang dipelajari. Mereka dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya kepada berbagai narasumber termasuk orangtua,tetangga, atau bahkan para ahli di bidangnya. Selanjutnya siswa bisa mulai menuangkan ide atau gagasannya dalam bentuk tulisan pula.

No comments:

Post a Comment

Grade xi meeting 10

Pertemuan ke 10 kerjakan latihan soal dibawah ini, difotokopi masing-masing dan kumpulkan di meja ibu yaa... Soal 1.       Fania : ...