Tugas M2 KB1.2 Kompetensi Guru
Instruction
Kerjakanlah
Latihan tugas berikut:
1. Sebutkan
4 kompetensi guru?
2. Mengapa
guru perlu memahami kompetensi pedagogi?
3. Mengapa
guru perlu memahami kompetensi pedagogi Abad 21?
4. Apa
saja bentuk kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi guru?
Jawaban :
1.
4 kompetensi guru:
A. Kompetensi pedagogik
Kemampuan guru yang
berkenaan dengan pemahaman terhadap peserta didik dan pengelolaan pembeajaran
mulai dari merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi.
B. Kompetensi kepribadian
Personal yang
mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa
menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhak mulia
C. Kompetensi sosial
Berkenaan dengan
kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan
bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga
kependidian, orang tua siswa, dan masyarakat sekitar
D. Kompetensi profesional
kemampuan yang
berkenaan dengan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang
mencakup penguasaan substansi isi materi pembelajaran, dan substansi keilmuan
yang menaungi materi dalam kurikulum, serta menambah wawasan keilmuan
2.
Guru perlu memahami kompetensi
pedagogik karena ketika guru telah
memiliki pemahaman terhadap peserta didik dan pengelolaan pembelajaran
mulai dari merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi maka guru
dapat melaksanakan tugasnya secara optimal. Dalam hal ini, ketika guru telah
memahami komptensi pedagogik dengan baik maka proses belajar mengajar akan
berlangsung kondusif dan dapat mencapai hasil pembelajaran sesuai dengan yang
diharapkan. Hal ini dikarenakan guru telah melakukan penyesuaian antara
kebutuhan dan keadaan siswa itu sendiri dengan perangkat pembelajaran yang ada.
3.
Abad 21 seringkali diidentikan
dengan masyarakat informasi atau disebut juga digital age yang menuntut
masyarakat dunia untuk untuk menguasai ketrampilan Abad 21 yaitu mampu memahami
dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT), termasuk didalamnya
guru. Guru dituntut merubah pola konvensional yang berpusat pada guru (teacher
centred) menjadi berpusat pada siswa (student centred). Hal ini dikarenakan
adanya perbedaan karakteristik siswa abad 21 dibandingkan era sebelumnya.
Kompetensi pedagogik guru abad 21 menekankan pada
kemampuan adaptasi guru untuk mentrasformsi diri dalam era pedagogi digital
dengan terus mengembangkan kreativitas dan daya inovatif. Adapun Karakteristik yang
harus dimiliki di abad 21 adalah harus memiliki ketrampilan 4C ( Communication, Collaboration, Critical
Thinking and problem solving, dan Creativity and Innovation) yaitu
Komunikasi, Kolaborasi, berpikir kritis dan dapat memecahkan masalah serta
Kreatifitas dan Inovasi dimana ketrampilan tersebut harus dapat terintegrasikan
dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh seorang guru termasuk didalamnya
mampu menentukan pilihan metode, media, pengelolaan kelas dan evaluasi
pembelajaran berbasis teknologi digital.
4.
Bentuk kegiatan yang dapat
dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru diantaranya:
1. Dengan
mengikuti diklat pengembangan media di lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (Diklat
Fungsional)
2. Dengan
mengikuti kegiatan seminar, workshop/lokakarya
3. Dengan
mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga profesi guru,
forum guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), konsorsium, perguruan
tinggi swasta maupun maupun pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan. Dapat
juga melakukan diskusi terbatas, simposium, video conference dan kegiatan
kolektif lainnya
Melaksanakan penelitian
tindakan kelas (PTK). PTK bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran
sekaligus meningkatkan profesionalisme guru.
No comments:
Post a Comment