Friday, October 5, 2018

TUGAS M1 KB 1.1 PPG BAHASA INGGRIS 2018


Tugas M1 KB 1. 1: Analisis Video
Menurut pendapat saya proses belajar mengajar yang dilakukan dalam video tersebut telah memanfaatkan perkembangan ICT secara maksimal sehingga dapat mencapai ketrampilan abad 21 dimana kolaborasi antara guru dan siswa telah memiliki karakteristik abad 21. Adapun analisis karakteristik guru dan siswa dan siswa dalam proses pembelajaran tersebut, diantaranya:
A.    Karakteristik Guru
1.      Peran guru yang bukan hanya sebagai fasilitator tetapi juga sebagai motivator dan inspirator dilakukan secara maksimal. Dalam video tersebut dapat dilihat guru yang telah mampu memanfaatkan teknologi digital secara optimal untuk mendesain pembelajaran yang kreatif. Hal ini secara otomatis menciptkan siswa yang berpikir kritis. Disamping itu, dapat dilihat suasana KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) yang menyenangkan dan atraktif. Hal ini dapat dilihat dari ekspresi dan keadaan siswa yang terlihat nyaman, tenang, antusias dan tanpa adanya rasa cemas atau ketakutan. Para siswa terlihat menikmati pembelajaran dapat dilihat ketika banyak diantara siswa yang tersenyum lepas ketika mengerjakan tugas ataupun ketika materi disampaikan. dapat dilihat pula guru yang mendatangii siswa ketika ada siswa yang bertanya baik via aplikasi maupun secara langsung. Dalam hal ini guru telah memposisikan diri sebagai mitra belajar bagi siswa sehingga dapat dikatakan bahwa sistem belajrnya sudah tidak  teacher centered lagi melainkan student centered.
2.      Guru yang memiliki minat baca yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari penyampaian materi yang detil, dilengkapi dengan contoh baik secara audio maupun visual sehingga tercipta suasana belajr yang aplikatif dan realistis. Hal tersebut juga menunjukan guru yang memiliki pengetahuan lebih dari pengetahuan siswanya dan tentunya hal ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
3.      Guru harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode belajar dengan berbasis TIK. Dapat dilihat dalam video tersebut KBM menggunakan pembelajaran hybrid learning dimana guru menyampaikan materi secara tatap muka maupun secara online. Pembelajaran dilakukan secara interactive yang didalamnya menampilkan presentasi yang kaya akan media interaktif yang tentunya didukung dengan teknologi yang canggih. Guru juga menerapkan pembelajaran PRS 9Personal Response System dimana guru tersebut dalam pembelajarannya menggunakan perangkat digital handlehand.  Sebagian contoh, guru dapat mengecek respon maupun abesensi siswa melalui aplikasi digital. Para siswa diberikan kesempatan untuk melakukan komunikasi dengan narasumber yang ahli dalam bidangnya,misalnya siswa melakukan teleconference dengan narasumber.
4.      Guru harus mampu melakukan transformasi kultural. Hal yang dimaksud adalah guru mampu melakukan penyesuaian terhadap kehadiran yang baru. Jika dulu, proses belajar hanya dilakukan dilingkungan sekolah maka di era digital ini, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya diluar lingkungan sekolah. Dalam hal ini siswa dapat bertanya pada orang yang ahli tentang materi yang sedang dipelajari. Mereka dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya kepada berbagai narasumber termasuk orangtua,tetangga, atau bahkan para ahli dibidangnya. Selain itu referensi yang digunakan tidak hanya tertumpu pada satu sumber, dalam hal ini guru. Melainkan para ahli dibidangnya tentunya kondisi seperti ini akan lebih mempermudah siswa dalam memecahkan materi/masalah.

B.     Karakteristik siswa abad 21:
1.      Keterampilan belajar dan inovasi: yaitu berpikir krirtis dan pemecahan masalah dalam komunikasi dan kreativitas kolaboratif dan inovatif. Dalam video tersebut dapat dilihat bahwa siswa telah memiliki cara berpikir kritis, terlihat siswa yang tidak malu untuk bertanya ketika belum memahami materi. Mereka juga memiliki kemampuaan kolaboratif dan inovatif yang sangat bagus dapat dilihat dari bagaimana mereka bekerjasama dalam membuat suatu proyek didukung dengan teknologi komunikasi yang canggih tentunya. Inovatif disini juga dapat dilihat ketika siswa secara kritis menghubungi narasumber dan mengaplikasikan apa yang ada dalam pikirannya menjadi sesuatu yang ril.
2.      Keahlian literasi digital: literasi media baru dapat dilihat ketika siswa memanfaatkan teknologi dalam mencari informasi yang dibutuhkan secara digital.
3.      Kecakapan hidup dan karir : dalam hal ini siswa memiliki memiliki kemampuan inisiatif yang fleksibel dan inisiatif adaptif, misalnya seorang siswa yang melakukan telekonferensi menghubungi narasumber (dalam video tersebut insinyur) untuk mendapatkan informasi lebih detil dan nyata tentang cara mendesain jembatan. Para siswa juga telah memiliki kecakapan diri secara sosial yaitu kemampuannya dalam berkomunikasi baik dengan teman sekelas, dunia siber anatarsiswa, guru, orangtua, narasumber mampun lingkungan lainnya dengan penuh tanggungjawab.

No comments:

Post a Comment

Grade xi meeting 10

Pertemuan ke 10 kerjakan latihan soal dibawah ini, difotokopi masing-masing dan kumpulkan di meja ibu yaa... Soal 1.       Fania : ...